• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Portal Berita Pasundan Ekspres

 on Rabu, 11 Maret 2015  

Media online menjadi sumber informasi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Dari tren media online, saat ini banyak bermunculan portal berita yang menyajikan beragam informasi.

Media cetak yang punya pasar sendiri pun ikut membuat portal berita versi medianya masing-masing. Salah satunya adalah Pasundan Ekspres.

Pasundan Ekspres atau PE merupakan media yang menyajikan berita-berita di wilayah Purwakarta, Subang dan Karawang. PE merupakan anak media dari Jawa Pos group.

Tampilam Portal berita yang mereka miliki cukup simple dan minimalis. Tidak terlalu banyak warna. Beritanya pun up to date dan beragam.

Namun sayang tampilan dalamnya tak secantik tampilan luar. Ketika satu berita di buka, maka penulisannya terkesan menumpuk. Hal ini disebabkan oleh tidak dibuatnya alinea dalam struktur penulisan berita.

Berita yang dipos tidak dipisahkan oleh alinea atau paragraph. Tulisannya pun seperti langsung copy paste dan ‘seadanya’ tanpa ada tahap editing sebelum dipos ke website.

PE sangat cerdik dalam meminimalisasi lahan. Saat salah satu menu di klik maka yang keluar hanya list judul berita dan tanggal berita tersebut dipos.

Ini merupakan ide yang cukup baik dalam memanfaatkan lahan lebih optimal. Namun pembaca tidak bisa ‘mengintip’ kutipan dari berita yang tersajikan dalam menu yang di buka. Hal ini membuat pembaca harus mengklik berkali-kali sebelum bisa masuk ke berita inti.

Meskipun fokus di media cetak namun sebaiknya Pasundan Ekspres lebih bisa memperhatikan bagaimana bentukan berita yang dipos di media online. Jangan sampai terkesan seperti asal-asalan dan tidak memperhatikan struktur bentuk berita.


*Resume ini merupakan bagian dari tugas matakuliah Jurnalistik Online

Portal Berita Pasundan Ekspres 4.5 5 Unknown Rabu, 11 Maret 2015 Media online menjadi sumber informasi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Dari tren media online, saat ini banyak bermunculan portal beri...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme